Kebohongan Sains yang Pernah Menggemparkan Dunia…

Loading...

6 Kebohongan Sains yang Pernah Menggemparkan Dunia…

Manusia Piltdown atau Eoanthropus dawsoni, rekayasa manusia kera yang tidak hanya mengecoh para paleontologis, tapi seluruh orang di dunia. (National Geographic)

Foto di atas adalah Alvan T. Marston, seorang ilmuwan yang mengungkap salah satu kepalsuan terheboh dalam sejarah: Manusia Piltdown.
Sebelumnya di tahun 1912, para ilmuwan mengira mereka telah menemukan titik terang hubungan kekerabatan antara manusia dan kera dengan ditemukannya satu set fosil tengkorak dan tulang rahang dari sebuah lubang bawah tanah di Piltdown, Inggris.

Fosil tengkorak dan rahang tersebut lalu disusun oleh petugas British Museum sehingga menampilkan kepala manusia mirip kera, yang kemudian diidentifikasikan sebagai manusia Piltdown, manusia mirip kera.

Pemalsuan itu kemudian terungkap di tahun 1953, dengan deskripsi tulang tengkorak yang berasal dari manusia, tulang rahang orang utan, dan fosil gigi yang berasal dari kera. Yang disayangkan, sampai sekarang penyusun fosil di British Museum yang menjadi dalang pemalsuan ini masih belum diketahui.

Foto penampakan pertama monster Loch Ness, yang diambil oleh Colonel Robert Wilson. (National Geographic)

Menurut legenda, monster Loch Ness sudah ada sejak lebih dari 1.400 tahun yang lalu, ketika Saint Columbia melihat bayangan makhluk air di kawasan Skotlandia.

Tapi monster Loch Ness tersebut tidak pernah disebut-sebut lagi kemunculannya hingga tahun 1993, ketika jalanan dibangun di sekitar perairan tempat Loch Ness ditemukan. Berbagai rumor pun kemudian berkembang, banyak orang melapor bahwa mereka telah melihat sosok Loch Ness di permukaan.

Di tahun yang sama, muncul foto penampakan monster Nessie –begitu ia kerap disebut, yang diambil dari seorang dokter ternama, Colonel Robert Wilson. Foto tersebut menunjukkan sosok Nessie yang keluar dari perairan gelap dan berkabut yang diduga menjadi tempat ia bermukim.

Satu tahun kemudian, foto dengan sosok Nessie itu kembali menarik perhatian dunia. Kali ini berita datang dari Christian Spurling, seorang kerabat dekat Wilson, yang mengaku bahwa foto hitam-putih yang diambil Wilson tersebut sebenarnya hanyalah sebuah plastik yang diikatkan ke sebuah kapal mainan, sehingga menyerupai sosok monster Loch Ness.

Loading...